Liburan Tipis-Tipis Dengan One Day Trip


Liburan nggak selalu mewah. Sekarang ini banyak banget alternatif liburan murah, salah satunya dengan cara ikut open trip ke tempat wisata yang bisa dijangkau dengan sehari atau biasa disebut One Day Trip (selanjutnya akan disebut ODT). Liburan tipis-tipis yang bisa dilakukan saat akhir pekan, jadi nggak perlu ambil cuti.

Banyak sekali travel agent yang menawarkan ODT dengan harga murah, fasilitas lengkap dan destinasi menarik. Aku memilih ikut trip di JJ Indonesia (akun instagram jjindonesia_id) untuk liburan tipis-tipisku. Pertama ikut di bulan Mei 2019 lalu dan beberapa kali ikut tripnya. Selama aku ikut sih selalu asyik, ya. Aku selalu seneng bisa ikut open trip karena selain dapet pengalaman baru, dapet temen baru juga! Salah satu keunggulan dari JJ Indonesia ini di dokumentasinya, biasanya kalau di beberapa travel agent cuma bisa foto group aja dan untuk dokumentasi akan ada biaya lain tapi di JJ Indonesia harga yang tertera sudah termasuk dokumentasi! Kita bisa bebas foto individu, tour leader bakalan dengan senang hati ngefoto kita! Jadi tuh di sana berasa punya photografer pribadi. Hahaha.

Aku mau membagikan pengalamanku selama liburan tipis-tipis dengan JJ Indonesia. Tentunya pamer foto juga, ya. Hihihi.

3 Pulau (Pulau Kelor, Pulau Onrust, dan Pulau Cipir) di Kepulauan Seribu 



Selama bertahun-tahun di Jakarta, baru kali ini aku ke Kepulauan Seribu lho! Nggak tahu sih selama ini aku tuh mainnya kemana aja, yang deket malah belum terjamah. Hahaha.

Di ODT 3 pulau kita mengunjungi 3 pulau yaitu Pulau Kelor, Pulau Onrust dan Pulau Cipir. Meeting point di Kota Tua dan kita berangkat naik angkot dari sana. Sesampai di sana kita mengelilingi pulau yang penuh sejarah ini.




Di Pulau Kelor ada benteng yang bernama Martelo, Pulau Cipir dulunya digunakan sebagai tempat karantina dan rumah sakit para jemaah haji. Khusus untuk Pulau Onrust ada tour leader sana yang ngejelasin tentang sejarah Pulau Onrust. Pada zaman kolonial, Pulau Onrust digunakan VOC untuk galangan kapal dan pergudangan lengkap dengan benteng sebagai pertahanan awal Batavia. Banyak peninggalan arkeologi dari masa kolonial Belanda di sini.


Pemandangan di 3 pulau ini juga bagus banget. Laut biru dengan hamparan pasir putih dan atmosfir yang bisa membuat kita tenang.


Situ Gunung Suspension Bridge di Sukabumi



Destinasi yang lagi happening banget! Jembatan ini jadi jembatan terpanjang dan tertinggi di Indonesia. Dari jembatan kita bisa melihat pemandangan bukit dan Gunung Gede Pangrango. Setelah masuk kawasan, kita dapet welcome drink. Yang paling menarik sih sensasi nyebrang jembatannya itu lho bikin deg-degan! Kapasitas orang yang nyebrang sih sih nggak banyak, 40 orang aja tapi baru melangkah ke jembatannya aja sudah goyang-goyang jadi cukup memacu adrenalin. Buat yang takut ketinggian nggak disarankan ke sini.


Sebelum ke jembatan, kita bisa ke danau dan naik perahu rakit. Waktu itu cuacanya berkabut jadi dingin-dingin empuk gitu.


Wisata lainnya adalah Curug Sawer. Setelah melewati jembatan, kita menyusuri jalanan menurun. Sampai curug kita bisa menikmati pemandangan hijau dan air yang jernih, beneran bikin pikiran rileks. Jalanan arah pulangnya sih yang PR banget karena harus naik! Hahaha.


Banyak destinasi yang bisa dijangkau dengan ODT, destinasi di atas bisa dijadiin pilihan saat pengen liburan tipis-tipis. Ada yang sudah mengunjungi salah satunya? Pernah ODT ke mana saja?  ^^







Komentar

  1. Aku udah lama banget gak ke tempat wisata wkwkwk kebanyakan jajan mulu luls

    BalasHapus

Posting Komentar