Buka Rekening Baru Tanpa Ribet, Lewat Online Aja!


Setelah sekitar dua bulan jadi pengangguran, Alhamdulillah aku udah dapet kerja lagi! Yay!

Saat ini aku masih dalam masa adaptasi dengan kerjaan, rekan kerja dan suasana baru. Begitu pula dengan kebijakan kantor baru. Berbeda dengan kantor sebelumnya yang didaftarkan rekening baru oleh kantor, kali ini harus daftar sendiri. Dari situ aku mulai cari info kira-kita bank yang dipakai itu bisa daftar online tanpa ke bank nggak ya? Karena seingatku ada teman yang bilang kalau daftar rekening baru bisa daftar online aja tanpa ke kantor cabang. Bank yang dipakai kantorku sekarang adalah Bank BCA, aku coba DM ke akun twitter resminya dong dan yang bikin seneng adalah responnya cukup cepat dan jelas.

Beneran lho, sekarang ini kita nggak usah ribet antri di cabang untuk buka rekening baru, cukup online di aplikasi aja!

Mau tau caranya? Ini tahap-tahapnya, ya!

Download aplikasi BCA Mobile di smartphone kita


Wajib download aplikasinya. Aplikasinya gratis! Setelah selesai install, buka aplikasi dan pilih Buka Rekening Baru.

Ada 4 langkah yang perlu kita lakukan untuk membuka rekening online ini tapi sebelumnya ada pertanyaan apakah kita sudah punya rekening BCA? Karena aku belum punya jadi aku jawab tidak dan diminta milih jenis tabungan apa yang diinginkan. Ada tiga jenis tabungan yaitu Tahapan, Tahapan Xpresi dan Tahapan Gold. Aku memilih Tahapan Xpresi dengan alasan biaya bulanannya murah, cuma 5k. Ihiy.


Setelah itu akan ada SMS untuk verifikasi no HP. Kalau sudah berhasil terverifikasi baru deh kita buat kode akses untuk log in ke m-BCA.

Setelah semua berhasil, baru ke 4 langkah berikut:

  1. Siapkan dokumen


    Ditahap ini kita harus upload e-KTP, foto diri, tanda tangan di kertas dan NPWP. Setelah mengisi data diri, kita diminta untuk mengecek kembali data yang sudah diisi.
  2. Video Call


    Catatan penting untuk di tahap ini adalah butuh jaringan internet yang stabil! Karena kalau internetnya nggak stabil, kita akan lama tersambung dengan customer service. Antri Video Call ini sebenernya sama kayak antri di cabang yang cukup lama tapi karena di kamar sendiri ya jadi bisa sambil rebahan sebelum diangkat :)

    Sama CS dikonfirmasi lagi data-data yang diberikan, difoto ulang menatap kamera dan diberi penjelasan tentang tabungan yang dipilih.
  3. Aktifkan mobile & internet banking


    Setelah video call berakhir, kita diminta untuk aktifasi mobile & internet banking dengan cara memasukkan 6 digit PIN yang nantinya digunakan sebagai PIN transaksi di mobile dan internet banking.

    User Id Internet Banking baru ada di hari kerja berikutnya yang dikirimkan lewat email.
  4. Setoran Awal

    Setoran awal bisa transfer dari rekening lain, setor tunai di atm atau ke kantor cabang dan kalau yang sebelumnya sudah punya tabungan BCA dengan jenis lain juga bisa melalu mobile atau internet banking. Mbak CS bilang nggak ada mininal setoran awal yang penting saldo mengendap Rp 10.000,- dan informasi dari DM twitter resminya kalau dalam waktu 3 bulan belum ada setoran awal rekening akan otomatis ditutup.

Selesai. Aku udah punya rekening baru! Seneng deh, dengan fasilitas Buka Rekening Baru lewat Online ini aku bisa lebih hemat waktu. Aku nggak perlu repot dateng dan antri di kantor cabang dan waktunya juga fleksibel bisa kapan aja pas lagi longgar.

Buka rekening baru secara online ini kita bisa dapat buku tabungan dan kartu ATM dengan cara datang ke kantor cabang terdekat. Namun bagi yang nggak mau repot dateng ke kantor cabang nggak usah khawatir karena sekarang ini BCA menyediakan fasilitas cardless!

CARDLESS

Pasti pernah denger cashless dong ya karena sekarang ini kalau jajan, makan dan beli kebutuhan lain seringnya udah pakai alat pembayaran lewat aplikasi, bukan lagi pakai cash. Nah, menu Cardless ini memudahkan kita bertransaksi tanpa kartu.

Menu cardless bisa digunakan untuk:

  1. Tarik Tunai
  2. Setor Tunai
  3. Transaksi Cabang

Aku baru aja transaksi Tarik Tunai, gini caranya:

Datang ke ATM terdekat.



Buka aplikasi BCA Mobile lalu pilih menu Cardless



Pilih menu Tarik Tunai. Akan muncul pilihan nominal dan pilih yang ingin diambil.


Setelah dipilih akan ada konfirmasi jumlah yang akan diambil dan pastiin kalau saldo kita ada. Pilih OK dan kita diminta memasukkan PIN m-BCA. Kita mendapatkan kode transaksi dan kode ini yang dipakai di ATM.

Di layar ATM akan ada menu Transaksi Tanpa Kartu dan masukkan kode transaksi ini. Selesai! Aku berhasil menarik uangku :)


Mudah kan? Semoga bermanfaat ya ^^



Komentar