[Review J-Movie] Weathering With You (2019)

Setelah sukses dengan film terakhirnya berjudul Your Name di tahun 2016, penulis sekaligus sutradara Makoto Shinkai kembali merilis film terbarunya berjudul Tenki no Ko atau Weathering With You pada 19 Juli 2019 lalu di Jepang dan Indonesia beruntung mendapatkan giliran untuk bisa menonton di layar lebar pada 21 Agustus 2019. Kabarnya sih distributor yang membawa film Weathering With You dapat kontrak penayangan di Indonesia cuma sebentar karena harus membawa film ini ke negara lain. Antusias untuk Weathering With You memang tinggi banget!

Untuk memenuhi hasratku yang menggebu, aku nonton Weathering With You dua kali dengan orang yang berbeda dan bioskop yang berbeda! Dan karya Makoto-sensei nggak pernah mengecewakan!



Judul                    : Weathering With You (Tenki no Ko)
Negara                 : Jepang
Penulis                 : Makoto Shinkai
Sutradara              : Makoto Shinkai
Tanggal rilis         : 21 Agustus 2019 (Indonesia)


PLOT

Weathering With You bercerita tentang Hodaka Morishima, remaja berumur 16 tahun yang kabur ke Tokyo seorang diri. Di perjalanannya, dia ketemu sama Keisuke, seorang pria paruh baya aneh. Hodaka harus menghadapi kerasnya Tokyo, dia beberapa kali tidur di jalanan, dikejar polisi dan kesulitan nyari kerja karena masih di bawah umur. Hodaka akhirnya mendatangi Keisuke dan kerja sebagai penulis majalah milik Keisuke. Tokyo saat itu selalu hujan tanpa henti, Hokada denger kisah gadis sinar matahari. Dia berusaha mencari kebenerannya dan ketemu sama Hina Amano, gadis yang mampu mengendalikan cuaca dari hujan deras menjadi langit yang cerah.


REVIEW

Storyline

Seperti beberapa film Makoto Shinkai sebelumnya, Weathering With You ber-genre fantasy romance. Kisah romantis antara Hodaka dan Hina memang nggak gitu bikin baper tapi cukup dalem. Dengan latar belakang berbeda, Hodaka - Hina belum lama kenal tapi ikatan hati mereka kuat banget, gimana perjuangan mereka biar bisa bareng terus dan usaha ngebahagiain satu sama lainnya itu sungguh bikin aku iri. Yang beda dari Weathering With You dengan karya Makoto Shinkai sebelumnya adalah unsur aksinya karena di sini ada beberapa adegan action yang cukup bikin deg-deg-an.

Visual

Visualiasi Weathering With You nggak perlu dipertanyakan lagi, bagus banget! Karena membahas tentang cuaca yang hujan terus jadi tone yang sering ditampilkan warna gelap tapi saat Hina mengubah langit menjadi cerah tuh ya indah banget! Detail gambaran kota Tokyo dengan bangunan, jalanan, cuacanya tuh memanjakkan mata banget. Visualisasinya kece parah!

Musik & Pengisi Suara

Musik selalu jadi daya tarik tersendiri dari sebuah film. Band Radwimps kembali menyanyikan ost untuk film Makoto Shinkai (sebelumnya juga menyanyikan ost Your Name) dengan lagu yang bagus dan enak didengar. Menambah cita rasa film semakin terasa.

Kotaro Daigo dan Nana Mori yang mengisi suara Hodaka dan Hina cocok banget dengan karakternya. Suka banget sama suara mereka saat baca narasi.

===========================================================================

Kalau dibandingin dengan Your Name, Weathering With You kurang emosional tapi visualisasinya makin mantap! Jadi film ini tentunya jadi film wajib tonton! Oh iya, ada 2 cameo yang bakalan bikin senyum :)

Jadi, udah nonton Weathering With You belum nih? ^^




"Berdo'alah untuk dirimu sendiri, Hina" - Hodaka




Komentar