Selasa, 28 Oktober 2014

Anak Jaman Dulu dan Sekarang

Jaman emang terus berubah, semakin hari teknologi semakin berkembang. Semua itu ada positif dan negatifnya. Tinggal bagaimana kita menyikapinya aja. *uhuk.. gue ngerasa kalimat pembuka gue kali ini asik banget, hihi*

Gue termasuk generasi '90-an yang katanya masih termasuk generasi yang bisa ngerasain indahnya masa kanak-kanak yang sesungguhnya, *Nah lho.. emang indahnya masa kanak-kanak sekarang cuma kamuflase gitu?* *lalu di lempar iPad sama anak sekarang, hihi*

Perbedaan dulu dan sekarang jelas ada dan gue mau sedikit bernostalgia sama jaman gue kecil dulu... 


Tontonan!

Klo lo anak generasi '90-an pasti ngrasa klo tayangan program TV sekarang beda banget ya sama jaman kita dulu... Bener ga sih? Bener dong! :D

Dulu kita disuguhi tontonan yang emang tontonan buat kita, si anak lucu yang tontonannya juga harus lucu-lucu! hihihi

Doraemon, Ninja Hatori, Sinchan, Pman, Detective Conan, One Piece, Sailor Moon, Powerpuff Girl, Ultramen, Tsubasa, Chibi Maruko Chan, dll jadi hiburan kita di hari minggu pagi. Gak semuanya ditayangin di pagi hari, ada juga yang sore hari tapi seenggaknya saat minggu pagi kita di sambut sama kartun yang emang pantes di tonton sama anak seumuran kita waktu itu. Ada juga sinetron bikinan lokal alias Indonesia asli kayak Panji Manusia Milenium, Saras 008, Jin dan Jun, Anak Ajaib, Tuyul dan Mbak Yul yang ga kalah seru sama kartun-kartun Jepang! *klo lo generasi '90 tapi ga pernah nonton yang tadi gue sebutin, bisa dipastiin klo hidup lo kurang bahagia! Bhahaha*

Sedangkan sekarang? adik-adik tercinta kita dijejali oleh tontonan dewasa macam FTV yang tema awalnya ketabrak sama supir taksi, marah-marah terus akhirnya cinta-cintaan, acara musik yang kebanyakan goyangannya, acara gosip yang jadwalnya ngelebihin aturan minum obat (baca : sehari 3 X) dan sinetron yang episodenya beratus-ratus bahkan beribu episode, :P *pukpuk adik-adik tercinta*

Gue bukannya benci sama FTV atau sinetron. Gue juga nonton FTV, sinetron juga nonton tapi biasanya klo episodenya udah mulai banyak, gue mending ga nonton karena gue mikir, males aja ngikutin episode yang udah bejibun gitu. Pusing ngikutin alur yang muter-muter! Mending nonton Drama Korea yang cuma 16-24 episode kelar terus ganti judul lagi ya kan? lebih fresh aja gitu.. hihi. *lalu disorakin dan di lempar botol akuwa sama pecinta sinetron*

Hm... mungkin bukan salah FTV atau sinetronnya juga sih, mereka juga menghibur kok! tapi mungkin lebih pada jam tayangnya kali ya atau durasi sama jumlah episodenya yang kurang tepat.*BRB telepon stasiun TV, hihi*

Mainan!

Udah ga ada yang namanya maen karet, layangan, petak umpet, congklak, ular tangga, tepok gambar ya! Sekarang maennya itu Gadget canggih,  iPad, PS dan game online! Pokoknya yang berbau teknologi gitu deh! Padahal maenan dulu yang canggih ya macam gamebot dan dingdong itu! haha

Klo dianalisa, *Ehem*, mainan jaman dulu bagus lho! Lebih mendekatkan kita sama temen-temen. Bahasa kerennya tuh, kita jadi bersosialisi sama temen-temen sekitar gitu! karena cara mainnya ga bisa dimainin cuma sendiri, harus ada lawannya. Klo mainan sekarang mah individualis! Ada orang disampingnya aja malah lebih asyik megang gadget! Posisi orang kalah sama gadget! hiks.. hiks.. hiks.. *elap air mata yang terjatuh di pipi, halah*

Semuanya emang efek teknologi ya! Kita juga ga bisa nyalahin teknologi, udah gue bilang juga di awal klo semua itu ada sisi positif dan negatifnya.. *lalu naik mimbar*

Negatifnya, kita jadi lebih asyik sama gadget daripada ngobrol sama orang disampingnya, *ini ga cuma gue yang ngira kayak gitu kan?* *tanda-tanda takut di bully, hihi*, dan sisi positifnya juga ga kalah banyak! Kita bisa dapet informasi dari semua penjuru dunia, kita bisa mengupload bakat kita lewat video di youtube, bisa nulis sesuka hati di blog dan masih banyak lagi.

Yang ga kalah kerennya adalah gara-gara si teknologi ini, gue bisa streaming Drama Korea yang lagi airing di Korea! Bisa nonton reality show, acara musik, dll di Korea sana! Gue bisa dapet info tentang kegiatan-kegiatan bias gue diluaran sana! Dunia ini begitu indah ketika gue tau kemana aja bias gue pergi! hihi.. *fan posesif! :p*

Nyanyian!

Yang ga kalah keliatan kontras dari jaman dulu dan sekarang adalah lagu yang dinyanyiin anak-anak kecil!

Nyanyian gue dulu waktu kecil ya "di obok-obok airnya di obok-obok" dari Joshua, "du di du di dam dam, du di du di dam" dari Eno Lerian, Cilukba dari Maissy, si Lumba-lumba dari Bondan, Libur telah tiba dari Tasya, dan masih banyak lagi! Silahkan googling klo mau tau lebih banyak.. hihi *lalu gue dilempar kejurang*, klo anak sekarang nyanyiin lagu anak-anak ya paling banter lagu balonku ada lima, malah kebanyakan nyanyiin lagu dewasa yang temanya cinta-cintaan, galau, dan patah hati! Lebih parah lagi ada juga yang nyanyi oplosan dan yang terbaru yang judulnya sakitnya tuh disini! *tepok jidat*

Acara musik anak-anak dulu juga emang bener-bener muterin lagu anak-anak. Generasi '90 masih ada yang inget Kring Olala atau Tralala Trilili yang dibawain sama Agnes Monika yang sekarang udah Go Internasional itu? hihi. Anggep aja masih inget lha ya... di acara itu kita diputerin video klip lagu anak-anak. Klo acara musik anak-anak sekarang, labelnya sih anak-anak tapi tetep ya lagu yang dibawain lagu orang dewasa.

Ga nyalahin juga sih acara-acara ini, kan emang perkembangan jaman kan? Cuma ya itu, adik-adik tercinta kita seakan dewasa karbitan alias dewasa sebelum waktunya! hihi.. *takut di lempar akuwa lagi, :p*

Ponakan gue!

Dari awal gue nulis postingan ini sebenernya mau nyeritain apa yang biasa dilakuin ponakan gue! tapi tiba-tiba gue terbawa arus '90-an dan bernostalgia sejenak.. hihi

Jadi, sekarang gue punya 3 ponakan dari 3 kakak gue. 2 cowok dan 1 cewek. Gue mau cerita ponakan dari kakak pertama gue yang tiba-tiba demam drama korea, namanya Alvin Novaliandi!
Hallo semua.. namaku Alvin Novaliandi!
Umur Alvin sekarang 4 tahun 11 bulan! Itu artinya bulan depan, tepatnya 15 November, Alvin udah 5 tahun! Horeeee... Alvin sekarang belajar di Paud *gue lupa namanya*, baru masuk tahun ini.

Sekitar 2 bulan yang lalu, gue di bikin ketawa sekaligus bingung sama permintaan Alvin! Kakak gue cerita klo Alvin minta dibeliin iPad! Gue ga tau kenapa Alvin kepikiran minta iPad padahal lilik (panggilan Alvin ke gue) aja ga punya! Setelah gue telusuri ternyata ada salah satu temennya yang punya iPad dan dibawa-bawa terus tiap maen! hahaha...

Gue ketawa karena dulu waktu gue seumuran Alvin, gue ngrengek-ngrengek sama Mbah minta dibeliin gamebot tapi sekarang Alvin minta dibeliin iPad.. hihi. Jauh banget ya bedanya! *yaiya lha.. klo sekarang Alvin minta gamebot juga udah susah keles nyarinya!*

Pernah kepikiran mau beliin permintaan Alvin itu. Siapa tau kan dari dibeliin iPad terus Alvin bongkar-bongkar tuh iPad dan akhirnya nemuin sebuah program buat iPad! Keren banget kan! hihi tapi setelah gue pikir lagi, klopun mau beli kayaknya mending beli buat sendiri dulu deh! Alvin kan juga belum ngerti-ngerti amat, hahaha.

Karena sekarang Alvin udah sekolah, jadi nyanyian Alvin ya kayak yang diajarin ibu guru di sekolah. Beda waktu sebelum Alvin sekolah, selain nyanyiin lagu anak-anak yang diajarin Mamanya atau gue, Alvin juga nyanyiin lagu dewasa! Karena Mama dan Ayahnya suka Noah jadi Alvin juga ikut-ikutan nyanyiin lagunya Noah! hihi..

Nah klo yang biasa Alvin tonton, kakak gue sengaja beliin kaset dvd buat Alvin film anak-anak sekarang. Alvin juga nonton TV cuma acara anak-anak kayak Upin Ipin, Disini ada tuyul, Keluarga Somat, selain itu Alvin maen di luar bareng temen-temennya.

Sejauh ini, Alvin masih nurut klo dibilangin. Cuma masih agak susah klo di suruh belajar, hihi. Klo di suruh belajar, jawabannya capek muluuuuu, tau capek apaan! Padahal abis bilang capek malah lari-larian sama temennya, hahaha...

Selain masa SMA, masa anak-anak emang masa yang paling indah ya! Mari saling bernostalgia... :)) 

7 komentar:

  1. Lha kayak gini, komentarnya pake komentar yang kayak gini kan gampang :D

    tetep deh jaman dulu itu jauh lebih menyenangkan dibanding jaman sekarang. Kalo jaman dulu, kalo mau main/kumpul2 tak perlu bawa hape segala, dan dijamin rame dan menyenangkan.
    kalo jaman sekarang kalo mau kumpul2 pasti bawa hape, dan niat kumpul2 pun jadi hilang karena yg ada masing2 dari mereka sibuk dengan gadget2 mereka sendiri -_-

    BalasHapus
  2. Lha kayak gini, komentarnya pake komentar yang kayak gini kan gampang :D

    tetep deh jaman dulu itu jauh lebih menyenangkan dibanding jaman sekarang. Kalo jaman dulu, kalo mau main/kumpul2 tak perlu bawa hape segala, dan dijamin rame dan menyenangkan.
    kalo jaman sekarang kalo mau kumpul2 pasti bawa hape, dan niat kumpul2 pun jadi hilang karena yg ada masing2 dari mereka sibuk dengan gadget2 mereka sendiri -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tadi lagi nyoba ternyata ribet jadi di ganti lagi deh, hehe

      Oh iya, iya! betul banget deh klo mslh yg itu mah.. meski ngumpul tetep ya terpakunya sama gadget masing2. Ujung2nya yg disampingnya dicuekin, hihi

      Hapus
  3. Balasan
    1. Salam kenal deh klo gitu.. Hidup generasi '90! hahaha

      Ngrasain juga ga ky yg gue tulis? :D

      Hapus
  4. benar sekali perbandingan-perbandingan yang dipaparkan hehehehe... hidup generasi 90 , hohohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Generasi 90 juga? hihi. Hidup generasi 90! hahahha

      Hapus