Kamis, 09 Oktober 2014

Belanja Bulanan

Kerja dari akhir tahun 2009, 5 tahun ini adalah proses gue belajar ngatur duit! Sayangnya, sampai sekarang gue masih aja kewalahan ngatur gajian gue. Misalnya aja gini, gue gajian tiap tanggal 10 sedangkan temen gue gajian tiap tanggal 25. Gue dilema banget pas temen gue ngajak jalan dan belanja bareng antara tanggal 25-9!

PEDIH!!

Buat anak kost atau anak kontrakan macam gue emang udah biasa banget klo punya duitnya cuma gajian doang. Bahkan bisa dibilang gajian itu cuma seminggu aja karena setelah seminggu, duit gajian seberapa besarpun bakal nyisa cuma buat makan dan ongkos aja! bhahaha..

Awal kerja, gue antisipasi sama gaji pertama gue dan gue pernah baca di internet klo salah satu cara buat ngerem pengeluaran adalah dengan bikin 2 rekening. 1 buat rekening gajian, 1 buat rekening nabung. Gue praktektin tuh beberapa bulan dan emang bener sih gue jadi punya tabungan tapi ya tetep aja gue masih belum bisa bener-bener nabung! jadi hati gue udah nyuruh nabung segini tapi tangannya pas mau transfer ke rekening satunya berasa berat banget gitu! dan ujung-ujungnya nominalnya lebih dikit dari yang gue (sebenernya) pengen! dan kadang tangan gue juga gatel-gatel gimana gitu ngambilin duit dari rekening satunya, hihihi



Pemborosan emang ga bisa diilangin dari naluri cewek ya! Entah kemana itu duit larinya... gue ga bisa happy shopping bareng temen-temen gue di akhir bulan. *terus gue denger ada yang komentar 'itu mah lo sendiri keles', hikshiks*

Tapi sekitar 2 tahun ini gue nyoba cara baru biar bisa ngerem pengeluaran gue. Gue belum sepenuhnya bisa ngehandle pengeluaran gue sih tapi seengggaknya klo gue belajar dari sekarang, sampe nanti gue nikah *ehem* *uhuuk*, insyaAllah gue bisa ngatur duit (keluarga) gue dengan baik.

List Belanja! 

Gue udah mulai terbiasa bikin list belanja bulanan gue tiap bulan. Jadi, misalnya buat belanja bulanan bulan Oktober ini, sekitar akhir September gue udah bikin List Belanja! ini contohnya...

Rahasia rumah tangga!
Ga semua yang tertulis disitu jadi kenyataan atau nominalnya sama, itu cuma perkiraan aja. Bakal ada yang ga kebeli atau gue malah beli yang lain, hihi. "Kebobolan" buat saat ini masih gue rasain! tapi moga aja ya nanti-nantinya gue bisa lebih baik, Aamiin.

Gue sengaja naroh "Nabung" paling atas atau masuk dalam kebutuhan karena menurut gue walaupun dikit klo kita prioritasin bakal kumpul banyak. Beda klo kita naroh nabung setelah kita belanja kebutuhan, ga bakal terwujud nabungnya! soalnya bakal ada belanja-belanja lainnya yang tak terduga. Pasti ujung-ujungnya ga nabung.

Kewajiban bayar kontrakan selalu gue prioritasin, hati juga ga tenang deh klo belum bayar kontrakan, hihi. Klo pas lagi punya cicilan juga pasti gue taroh di atas, biar gue ga asal make tuh duit bayar cicilan buat jajan, hehe..

Gue ga punya banyak duit sisaan selain receh gope-an, budget liburan biasanya juga gue tulis sebagai kebutuhan, makanya klo gue mau liburan ga bisa mendadak, hiks.. hiks...*kecuali ada yang bayarin, :p*

Kegunaan list ini adalah saat gue lagi belanja di supermarket / toko, gue jadi inget apa yang sebenernya gue butuhin! Gue bakal mengurungkan niat gue buat beli barang-barang yang gue pengenin (yg sebenernya ga gue butuhin!).

Paket Hemat!

Buy 2 get 1 free! ini yang gue seneng! Hahaha.. Biasanya gue lebih suka beli barang-barang yang paketan daripada yang satuan! hihi. Meski belanja pas bulan itu lebih banyak tapi bakal lebih ringan di bulan berikutnya. Syukur-syukur pas ada diskon juga, hihi.

Tapi jangan tergiur sama paket hemat yang majang tas, sepatu dan baju-baju mahal yang katanya beli 2 lebih murah daripada beli 1 ya! Hidup lo bakal berantakan! karena sebenernya mereka udah naikkin harga sebelum kasih diskon... hihihi.

Karena gue orangnya males ke supermarket atau ke toko secara tiba-tiba, gue biasanya selalu nyetok barang-barang seperti sabun, detergen, sikat gigi, dll lebih dari satu. Gue males aja, misalnya aja gue mau nyuci tapi deterjen abis terus harus beli dulu.

Daftar barang yang diinginkan!

Selain barang-barang kebutuhan tiap bulan yang wajib di beli, gue biasanya bikin list barang yang gue penginin. Gue bukan orang yang kalau pengen apa harus beli saat itu juga! Ga! gue biasanya bakal nulis barang apa yang belum tercapai di bulan ini dan nabung receh demi receh biar bisa beli di bulan depannya!

Hal itu gue lakuin semata-mata karena gue ga punya banyak duit! hahaha. Coba klo gue punya banyak duit, gue pasti bisa beli semua yang gue pengen tanpa harus mikir, "ini duit gue cukup kaga ya buat makan sebulan?", hahaha

*BRB ke SM terus macarin Choi Siwon biar mendadak jadi orang kaya! Bhahaha*

Buat saat ini, gue masih make cara ini. Gue ngrasa aja, meski di awal gue sering kebobolan saking gue suka jajan dan jalan-jalan ke Mall sama temen (padahahl cuma liat-liat sama karokean di timezone doang) tapi gue ngrasa semakin kesini gue semakin bisa ngontrol pengeluaran gue. Apakah ini tandanya gue udah mulai beranjak dewasa? hihihi.

Klo kalian gimana? Punya cara lain? Share yukk...

Sebenernya sih.. inti dari semuanya adalah dari diri kita sendiri. Percuma aja klo tiap bulan kita bikin list belanja tapi kita sendiri ga mau ngejalanin apa yang tertulis disitu, malah kita beli barang-barang di luar list atau jajan berlebihan. Kita yang bikin sendiri listnya tapi kita sendiri yang ngelanggar isi listnya...

BONUS!

Dipostingan sebelumnya, gue ngasih bonus dan sekarang gue juga mau ngasih bonus juga ah... hihi..

Kita kan sering belanja ke Supermarket, Toko, Warung atau dimana gitu ya... Dan saat itu, kita pasti dapet plastik.

Klo dihitung-hitung, satu hari dapet 2 plastik, sebulan dapet 60 plastik, coba berapa banyak yang kita dapet klo dalam satu tahun? berapa coba? coba hitung sendiri.. pokoknya banyak dah.. hahaha

Disaat itu, plastik yang tertumpuk-tumpuk cuma diremes ga beraturan itu jadi makan tempat deh! jadi ribet ngliatin plastik yang bergerombolan gitu! jadi ga nafsu makan cuma gara-gara liat plastik doang ih! Hihihi.. Lebaynya kumat.

Maka dari itu, gue mau coba ngasih tips biar plastik itu keliatan lebih rapi dan ga makan tempat!

Plastik unyu
Pertama, rapihkan plastik.
Kedua, lipat plastik jadi dua bagian dan lipat kembali sampai ukuran kira-kira 2 ruas jari atau sesuai keinginan. Lebih kecil lipatan, semakin kecil hasilnya.
Ketiga, lipat ujung plastik menyerong. Lipat yang bagian bawah plastik, bukan yang buat menjinjing.
Keempat, lipat kembali ke lawah arah.
Kelima, lipat terus dengan rapi sampai ujung dan sisakan sedikit.
Keenam, masukkan sisa plastik ke sela-sela segitiga.

SELESAI....

Semoga bermanfaat ya...

6 komentar:

  1. Hi, Mba, gue juga setiap bulan bikin list bulanan, tapi memang godaan dunia luar memang luar biasa untuk ngeluarin uang lebih. Hhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo.. Mas, praktek list belanja bulanan udah 2tahun lebih tapi masih ada kebobolan.. kita ngalamin hal yang sama yak! haha..

      Hapus
  2. Itu caranya udah bener banget menurut gue, tapi ya gitu hahaha yang paling penting buat kita semua adalah KONSISTENSI!
    Anyway, cara nulis kamu enak banget. Bikin orang baca sampai habis.

    Semangat ya :-)

    Justy
    http://biblical-journal.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. KONSISTENSI!! iya itu yang susah yah.. hahaha
      Wah.. makasih buat pujiannya.. masih belajar nih..

      Semangat juga ya.. mampir deh ke blog kamu.. :)

      Hapus
  3. Duuuh...
    waktu dulu jaman masih kerja dan belum nikah...
    Aku selalu nombok setiap akhir bulannya lhooo...boro2 mau nabung...bhuahaha..

    Dan itu kenapa suka ngelipetin plastik siiih???
    Persis kayak suamikuuuu....bhuahahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tadi, Teh, karena kita menomor sekiankan nabung jadi ga bisa nabung. Klo naroh nabung sbg kebutuhan, meski sedikit pasti bisa.. hihi

      Hahaha.. aku pernah baca diblog teteh klo suami teteh juga sering ngumpulin karet ya teh? Sama! aku juga.. hehe tp aku ga suka ngumpulin kardus sama botol ih.. soalnya sempit dan bikin banyak nyamuk..

      Hapus