Mencoba Naik Kereta Bandara Soekarno-Hatta

"You can't understand a city without using its public transportation system." 
- Erol Ozan

Banyak jalan menuju Roma, begitu juga menuju bandara. Hari itu aku agak bingung mau menggunakan mode transportasi apa untuk sampai ke bandara Soekarno-Hatta. Aku nggak buru-buru karena penerbanganku malam. Awalnya aku berniat menggunakan mobil online tapi berubah pikiran untuk mencoba KA Bandara.

Sebelumnya aku sudah cari info dulu, selain dari Stasiun BNI City, KA Bandara juga ada yang berangkat dari Bekasi. Pas banget tuh dekat dengan kostku di Cakung yang secara de jure ikut Jakarta Timur tapi secara de facto lebih ke Bekasi. Hahaha. Namun sayangnya jadwal keberangkatan dari Bekasi nggak ada yang malam hari :(


Akhirnya aku dari Stasiun Cakung menuju ke Stasiun Sudirman. Keluar dari Stasiun Sudirman dan jalan sekitar 10 menit untuk sampai Stasiun BNI City, kemudian ke lantai tiga naik lift untuk membeli tiket. Stasiun BNI City ini beda banget dengan stasiun lainnya, lebih mirip seperti bandara.



Pembelian tiket KA Bandara Soekarno-Hatta bisa menggunakan vending machine yang hanya melayani pembelian tiket langsung di hari yang sama atau bisa pembelian online melalui aplikasi, booking online bisa dilakukan 7 hari sebelumnya dan paling lambat 2 jam sebelum keberangkatan. Aku memilih untuk membeli menggunakan vending machine.


Cara pembeliannya cukup mudah:
- Pilih stasiun tujuan
- Pilih jadwal keberangkatan
- Masukkan no telepon
- Pilih metode pembayaran yang diinginkan

Vending machine hanya menerima pembayaran non tunai. Bisa menggunakan kartu kredit, kartu debit, dan prepaid card seperti Flazz, emoney, Brizzi, T-cash, dll. Kalau bingung cara pembeliannya, bisa bertanya ke petugas yang dengan sigap siap membantu.
Harga tiket dari Stasiun BNI City ke Soekarno-Hatta Rp 70.000,-


Kereta sudah datang. Aku agak kaget karena penumpangnya hanya sedikit. Bisa dibilang sepi.

Setelah semua penumpang keluar

Fasilitas yang didapat adalah bisa mengatur sendiri sandaran kursi, ber-AC, ada colokan USB (charging port), TV LED, toilet bersih yang dipisah antara pria dan wanita. Kereta bandara ini nyaman banget tapi kurang satu nih, belum ada wifi. Hehehe.

Waktu yang dibutuhkan untuk sampai Bandara Soekarno-Hatta hanya 46 menit.


Sampai di Stasiun Soekarno-Hatta, aku naik skytrain untuk ke terminal 3. Aku bahagia banget! Setelah sebelumnya mencoba skytrain di Bandara Changi, akhirnya bisa naik skytrain di negara sendiri ^^


Setelah sampai di terminal 3, pengalaman mengikuti open trip pertamaku ke Malaysia dimulai! Bisa baca ceritanya di sini yaaaa :)


Komentar