3D3N Singapore Trip

Kalau malam pertama di Singapura dihabiskan di Bandara Changi, mari kita mulai petualangan yang sesungguhnya!

DAY 1 (26 Februari 2017)

Henderson Waves Bridge

Henderson Waves Bridge jadi destinasi pertama karena emang udah diincer sama Mba Winda sebelumnya. Henderson Waves Bridge ini merupakan jembatan pejalan kaki tertinggi di Singapura lho! Untuk bisa sampai di Henderson Waves Bridge, naik MRT turun di Harbourfront Station cari exit C, setelah keluar, naik bus no 145 atau 131 dan nanti turunnya di halte ke 5 dari Harbourfront atau halte ke dua setelah masuk jalan Henderson (Halte Aft Telok Blangah). Abis itu nyebrang.

Dari sini kita naik anak tangga dan yahhh karena kita itu nggak nge-drop backpack ke hostel dulu jadi kita naik tangga sambil bawa beban depan belakang hahaha. Itu asli deh baru destinasi pertama aja udah berasa capeknya. Eh, tapi rasa capek terbayar sih setelah sampai di atas, kita bisa liat pemandangan hijau Singapura dan design jembatan yang cakep!

Karena pas itu hari Minggu pagi jadi banyak yang jogging juga. Turun dari jembatan bagian Southern Ridges Walk nanti ada rute hiking dan ada taman-taman lain juga. Seger banget lihatnya, mana masih pagi terus yang dilihat hijau semua... *heart eyes emoji*

Resorts World Sentosa (Sentosa Island)

Setelah dari Henderson Waves Bridge, kita ke Sentosa Island naik bus dan turun di Vivo City. Kita sempet salah turun pas itu, kelewat satu halte dan ternyata jalannya lumayan banget. Masuk ke Vivo City lantai 1 dan jalan di broadwalk arah Sentosa Island. Lagi ada promo sepanjang 2017 jadi gratis jalan di broadwalk-nya!

Selain jalan kaki di broadwalk, alternatif lain biar sampai ke Sentosa Island bisa naik Skytrain atau Cable Car. Tadinya mau gaya-gayaan nyobain Cable Car dari Henderson Waves Bridge tapi pas inget harganya kayaknya mending buat yang lain aja deh!

Kita jelajahin Sentosa Island. Muterin apa aja yang ada di sana. Selama kaki masih mau diajak jalan ya ayok aja, kalau capek ya kita ngedeprok sambil istirahat, bahkan sempet tiduran di pinggiran Universal Studios juga wkwk. Mana di sana tuh kita juga sering banget ketemu sama orang Indonesia, beneran kayak lagi main di komplek tetangga tau nggak?! hahaha.

Check in hostel (5Footway Inn Project Bugis)

Udah capek puas, kita ke hostel buat check in. Kita menginap di 5Footway Inn Project Bugis. Naik MRT turun di Nicoll Highway Stasion, ke exit A terus naik tangga menuju overhead bridge. Nah, sebenernya tuh dari jembatan ini kita udah deket banget tinggal jalan 5 menit doang tapi karena kita nggak ada akses internet dan kita salah baca screencap map Mba Winda yang seharusnya kita belok kiri tapi belok kanan, jadilah kita putar balik dan itu rasanya nikmat sekaleee! Udah capek banget masih tetep aja salah jalan. Asliiiiiii badan udah nggak karuan banget huhuhu

Masjid Sultan & Restoran Zam-Zam

Abaikan orangnya
Sampe hostel udah deh kita terbaring lemas kayak orang abis tempur. Setelah rapi-rapi dan mandi, kita sholat Maghrib di Masjid Sultan. Salah satu alesan milih 5Footway Inn ini emang karena lokasinya dekat masjid dan kita udah niat pengen merasakan sholat di masjid Singapura. Suasana sholat di Singapura ternyata sama seperti di lingkungan sendiri. Dan yang mengejutkan, bahkan pilihan ayat pendek yang dibaca imam saat sholat juga ada yang sama seperti di masjid deket rumah lho!

Selesai sholat kita berburu makanan. Di sebrang Masjid Sultan ada Restoran Zam-Zam dan kita pesan nasi Briyani di sana. Pertama kali lihat nasi Briyani nih dan waw! Luar biasa banget deh porsinya mantap! Harganya SGD 7,5.

Bugis Street Market

Nggak cukup di sini aja, kita juga ke Bugis Street Market. Yang berniat beli oleh-oleh bisa mampir ke sini karena harganya mumer. Kita ke sini juga jalan kaki aja sambil jalan-jalan malam.

DAY 2 (27 Februari 2017)

Singapore Botanic Garden

Nggak ada kamu, pelukannya sama tiang aja!
Sesuai itinerary yang kita Mba Winda buat, harusnya setelah sarapan kita langsung cabut ke Botanic Garden tapi ternyata kita masih pengen leyeh-leyeh dulu sambil wifi-an. Sekitar jam 9.00-an baru keluar. Naik MRT turun di Botanic Garden Station dan keluar dari pintu MRT jalan bentar langsung nyampe, tinggal masuk aja. Masuknya gratis tapi kalau mau ke beberapa tempat wisata lain harus bayar lagi.

Sampai sana ternyata panas banget cyin! Ademan di Kebun Raya Bogor :p

Orchard Road

Dari Botanic Garden naik MRT turun di Orchard Station. Pas nyampe di Orchard Road berasa lagi di Kuningan wkwkwk. Gue lokal banget? Emberan! Tapi waktu itu emang ada proyek yang rencananya pengen bikin Jalan Satrio Kuningan jadi Orchard Road-nya Indonesia kan? Meski belum sepenuhnya terealiasi sih :D

Di Orchard Road beli uncle ice cream!

Little India

Dari Orchard Road naik MRT turun di Farrer Park Station dan cari exit H. Kata Mba Winda, lebih deket turun di Farrer Park daripada turun di Little India kalau mau ke Mustofa Center, jadi ngikut aja. Di dekat Mustofa Center ada Masjid Angullia jadi yang mau sholat bisa mampir sholat dulu. Di Masjid ini juga menyediakan air minum, yang kehausan bisa minum juga ^^

Setelah belanja di Mustofa Center kita nyari makan. Ternyata nyari makan di sini cukup susah. Kita harus menelusuri jalanan sampai ujung biar dapet tempat yang harga makanannya pas di kantong. Sekali lagi kita makan nasi Briyani. Nasi Briyani di sini dihargai SGD 8.

China Town

Naik MRT turun di China Town Station, cari exit A dari pintu MRT langsung sampai di lokasi. Ngapain ke sini? Tentu aja mau buang-buang dollar wkwkwk *sok banget padahal makan aja peritungan*. Tapi beneran sih gue beli oleh-oleh di sini. Banyak pernak-pernik khas SG buat ngasih keluarga, temen dan kerabat yang harganya murmer.

Kalau mau sholat, bisa ke Masjid Jamae (Chulia). Posisinya nggak jauh dari pintu masuk atau keluar China Town. Belok kiri kalau dari posisi foto itu.

Helix Bridge

Kalau dibilang capek sih ya capek tapi kayaknya kalau pulang cepet kok takut nantinya nyesel nggak pergunain waktu dengan baik di Singapura ya? Makanya kita ke Helix Bridge. Naik MRT turun di Promenade Statioj dan ngikutin jalan sesuai petunjuk jalan sampai Helix Bridge, arahnya sama kayak mau ke Marina Bay.

Anw, selama dua hari di Singapura ini gue demen banget yang namanya mencetin tombol lalu lintas. Jadi, biar lampu hijau nyala tanda orang boleh nyebrang itu kan ada tombol yang dipencet, nah gue suka banget tiap mau nyebrang mencetin tombolnya hahaha

DAY 3 (28 Februari 2017)

Garden by the Bay

Turun di MRT Bayfront Station cari exit B, ikuti jalan, keluar, dan kemudian nyebrang lewat dragon fly bridge. Di Garden by the Bay kita bisa liat pohon raksasa atau yang biasa disebut Supertree. Pohon ini keliatan bagus banget kalau malam karena lampu yang menyala tapi karena kita ke sananya siang jadi nggak bisa menjadi saksi keindahan itu. Garden by the Bay ini luas banget jadi kalau mau muterin sampai kaki lemas juga bisa hahaha. Di sini banyak spot yang instagram-able jadi pastikan kalau memori masih tersedia ya hohoho

Merlion Park

Belum ke Singapura kalau belum ke Merlion Park :p. Posisi Merlion Park nggak jauh dari Garden by the Bay karena sama-sama di tepi laut Marina Bay. Untuk sampai ke Merlion Park, turun di MRT Raffles Place Station dan cari exit G.

Jangan lupa foto dengan landmark Singapura ini ya!

Merlion Park jadi destinasi terakhir kita selama di Singapura  ^^

Perjalanan selama 3D3N di Singapura ini sangat menyenangkan! Terimakasih untuk Mba Winda yang udah ngajakin dan jadi partner yang baik selama perjalanan di Singapura. Perjalanan kali ini tak akan terlupakan ^^