Minggu, 19 Februari 2017

[Review K-Movie] Will You Be There? (2016)


Judul: Will You Be There?
Negara: Korea
Penulis: Guillaume Musoo (novel), Hong Ji Young
Sutradara: Hong Ji Young
Tanggal rilis:14 Desember 2016

“Hidup itu adalah segala sesuatu yang terjadi sebelum engkau terlelap dalam tidur.”

PLOT

Film ini adalah film adaptasi dari novel Perancis karya Guillaume Musso berjudul “Seras-tu là?.” Bercerita tentang seorang dokter bedah anak bernama Han Soo Hyeon (diperankan oleh Kim Yun Seok) yang menjalani tugas di Kamboja pada tahun 2015. Dia menyelamatkan hidup seorang anak dan seorang kakek memberinya 10 pil ajaib.

 
Soo Hyeon sendiri punya penyakit kanker paru-paru stadium lanjut dan diperkirakan usianya tinggal 6 bulan. Dia ingin bertemu dengan seseorang yang selama 30 tahun ini nggak bisa dilupakannya sebelum dia meninggal. Orang itu ada di kehidupannya di tahun 1985. Di tahun itu, Han Soo Hyeon muda (diperankan oleh Byun Yo Han) punya seorang kekasih yang sangat dicintainya bernama Choi Yeon Ah (diperankan oleh Chae Soo Jin).

 
Soo Hyeon dewasa meminum satu pil ajaib itu dan tiba-tiba bisa kembali ke tahun 1985. Dia bertemu dengan versi mudanya di Stasiun Busan. Meski awalnya nggak percaya karena nggak masuk akal tapi Soo Hyeon akhirnya sadar kalau pil ajaib itu yang membawanya kembali ke masa lalu. Efek samping dari minum pil ajaib itu adalah Soo Hyeon akan tertidur dan dalam tidurnya dia kembali ke masa lalu. Tanda akan kembali ke masa depan adalah saat dia batuk dan mimisan.




Soo Hyeon muda yang awalnya nggak percaya dan menganggap kalau Soo Hyeon dewasa orang gila juga akhirnya bisa percaya tentang keajaiban itu setelah Soo Hyeon dewasa membongkar rahasia yang nggak pernah dia katakan ke siapapun.


Yeon Ah adalah seorang pelatih hewan di sebuah kebun binatang. Hari itu Soo Hyeon dewasa kembali ke masa lalu untuk menonton pertunjukkan lumba-lumba. Tentu aja ada Soo Hyeon muda dan kali ini Soo Hyeon muda sudah mulai damai dengan versi dewasanya. Mereka saling ngobrol. Soo Hyeon muda melihat keanehan dari Soo Hyeon dewasa, dan bertanya kenapa nggak pernah ngebahas Yeon Ah? Apa alasan sebenernya datang dari masa depan? Dan dijawab oleh Soo Hyeon kalau dia cuma ingin ketemu Yeon Ah. Soo Hyeon dewasa memberi tahu ke Soo Hyeon muda kalau Yeon Ah akan mati jadi di masa depan nggak ada Yeon Ah. Soo Hyeon muda yang begitu mencintai Yeon Ah pun mulai khawatir.


Dengan bantuan Kang Tae Oh muda (diperankan oleh An Se Ha), Soo Hyeon muda bisa berkomunikasi dengan dirinya di masa depan. Soo Hyeon dewasa kembali ke masa lalu dan menceritakan apa yang sebenarnya terjadi. Permasalahannya adalah Soo Hyeon dewasa sekarang sudah punya anak bernama Han Soo Ah (diperankan oleh Park Hye Soo) dengan wanita lain. Kalau Yeon Ah tetap hidup dan mereka hidup bersama, otomatis di kehidupan akan datang Soo Ah akan menghilang. Karena jika masa lalu berubah, masa depan juga akan berubah.

Terus bagaimana cara mereka mempertahankan hidup orang yang sama-sama mereka cintai? Pengorbanan apa yang harus mereka lakukan? Perjanjian apa yang mereka lakukan demi menolong Yeon Ah terhindar dari kematian dan Soo Ah tetap ada? Bagaimana kisah cinta Soo Hyeon dan Yeon Ah? Akankah Soo Hyeon bertahan hidup? Tonton sendiri ya! ^^

REVIEW

STORY LINE

Genre time travel sudah sering jadi tema sebuah film dan drama Korea tapi selalu saja menarik dan punya sensasi sendiri pas nonton. Dalam genre ini penulis punya hak tanpa batas untuk mengembangkan karakternya. Jadi bisa dibilang, suka-suka penulisnya mau ceritanya gimana hihi. Will You Be There? dikemas dengan apik oleh sutradara Hong Ji Young, layak banget buat ditonton! Cerita tentang sebuah penyesalan diri yang menyentuh.


Gue bisa ikut merasakan kebahagian yang Soo Hyeon dan Yeon Ah rasakan saat mereka pacaran, merasakan kesedihan mereka juga. Bagaimana menderitanya Soo Hyeon dewasa menahan perasaan selama 30 tahun, gimana dia menyayangi kekasihnya yang dulu tapi juga mencintai anaknya, Soo Ah, gue ngerasain itu! Gue tau rasanya! T_T. Saat mereka seneng, gue seneng.Saat mereka sedih, hati gue ikutan sakit T_T. Scene yang bikin tegang juga ada! 

 
Dilema yang Soo Hyeon dewasa dan Soo Hyeon rasakan, bagaimana mereka saling bekerja sama mencari solusi untuk mempertahankan hidup orang yang mereka cintai juga jadi sebuah pembelajaran banget. Kita nggak mungkin bisa punya kesempatan kayak Soo Hyeon, kan? Jadi kita harus menjaga milik kita baik-baik ^^

Media untuk menjelajah waktu di Will You Be There? Ini adalah pil gratis dapet dikasih. Lumayan lha ya, jadi nggak usah menyakiti diri kayak Kim Boong Do di Queen In Hyun’s Man atau buang duit buat ongkos subway kayak Yoo So Joon di drama Tomorrow With You hihi *silakan ditambahin sendiri drama atau film lainnya*

 
Plot twist film ini juga menarik banget! Gue kira, "Wah filmnya udah nih sampai sini nioh," eh ternyata masih ada terusannya. Penuh kejutan! Will You Be There? ditulis dan difilmkan dengan baik. Penyampaiannya dapet banget!

CAST

Akting para pemain di film Will You Be There? Udah pas banget deh! Akting om Kim Yun Seok tentu aja nggak usah diragukan lagi! Kang Mas Byun Yo Han juga nggak kalah kece. Selama ini belum nonton drama atau film Kang Mas Yo Han yang genre romance gini dan ih gue suka banget dong! Cara dia mencintai Yeon Ah itu bikin gue ngiri! Hahaha. Untuk Chae Soo Jin, ini kedua kalinya liat akting dia dan kamu berhasil bikin ngiri! wkwkwk. Cocok banget Soo Jin disandingin sama Byun Yo Han :)


Jadi, kalau kamu punya kesempatan untuk kembali ke masa lalu? Kamu mau kembali ke tahun berapa? Hal apa yang ingin kalian ubah? ^^


6 komentar:

  1. Karakter HanSooHyeon
    Bapak-able bangetlah eaa
    Ibarat cocok tanam di ladang ilegal
    Dia tetap semangat merawat & membesarkan benih nya sendirian^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bapak yang tangguh hohoho. Suka banget sama Han Soo Hyeon dewasa tetep mau mempertahankan anaknya meski tanpa seorang ibu.

      Hapus
  2. Genre time travel ini walopun udah sering banget dijual di drama tapi tetep aja suka penasaran pengen nonton dan selalu pengen tahu penyelesaiannya gimana yaaah...

    Wah, mumpung cuma film jadi cuma bentar kayaknya harus segera ditonton nih, secara aku masih belum sanggup ngedrama hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu ada magnet dari genre ini ya, Teh? Tetep aja penasaran jadinya gimana.
      Ayo nonton, Teh.. Romancenya juga dapet banget lho!

      Hapus
  3. wih kerenbanget .. pengen nonoton

    BalasHapus