Senin, 04 April 2016

[Review K-Drama] Signal : Ketika Masa Lalu Bisa Diubah

Gue emang sering jatuh cinta sama drama tvN. Begitu juga tahun 2016 ini, hampir tiap minggunya ada drama tvN yang gue ikutin. Tamat satu drama, lanjut ke drama tvN lainnya. Namun drama yang mau gue review ini malah bukan drama yang gue ikutin on going karena gue baru aja nonton episode 1 saat di Korea sana sudah 4 episode terakhir. Waktu itu gue juga lagi ngikutin drama lain jadi susah bagi waktunya, hihi. Eh, setelah nonton malah bikin gue susah move on! Nggak kebayang kalau waktu itu ngikutin pas on going, gimana gue bisa bertahan nunggu episode berikutnya coba?! *Dengan ekpresi drama, bhahaha*

Kira-kira drama apa yang bikin gue jadi ngubek-ngubek seantero jagad per-download-an buat nonton film lain dari pemain drama ini? Yuk lanjut!


Judul: Signal
Negara: Korea
Sutradara : Kim Won Suk
Penulis: Kim Eun Hee
Jumlah episode : 16 (22 Januari - 12 Maret 2016)
Genre : Crime, Thriller, Mistery, Fantasy.

CAST

Park Hae Young (Lee Je Hoon)


Seorang profiler berusia 27 tahun dan seorang Letnan. Kerjaannya menganalisa dan mengidentifikasi siapa pelaku kejahatan sebenarnya. Hae Young ini polisi termuda di Signal jadi digambarin kalau dia polisi yang masih belum bisa mengontrol emosi. Meski Hae Young seorang polisi tapi dia nggak percaya sama polisi karena pengalamannya dulu waktu kecil. Karena perangainya ini, banyak polisi yang nggak suka sama dia. *Kalau gue jelas demen banget, :p*

Lee Je Hoon cocok banget bawain karakter Park Hae Young. Akting Lee Je Hoon keren! Lee Je Hoon di awal Signal tayang, dikritik karena cara bicaranya tapi kalau menurut gue sih wajar aja karena karakternya kan polisi muda jadi gejolak darah mudanya masih membara, #asik. Malah kata gue mah jadi ciri khas dia. Park Hae Young kalau lagi profiling tuh keren banget!

Lee Jae Han (Cho Jin Woong)


Detektif idaman bangsa! Lee Jae Han ada di Divisi Pembunuhan Kepolisian Jinyang. Tingkahnya agak grusa-grusu tapi sungguh-sungguh dalam menjalankan tugasnya. Selalu berjuang sekuat tenaga agar kasusnya bisa selesai. Pekerja keras banget! Berpegang teguh bahwa kejahatan harus diungkap. Lebih milih miskin atau bahkan mati demi membela kebenaran daripada harus menganggap kasus itu selesai karena disuap. Hilang di tahun 2000 saat menyelidiki sebuah kasus.

Kece banget ahjussi ini. Cho Jin Woong aktingnya jempolan! Pesona detektifnya itu luar biasa banget. Gue nangis di episode 4 gara-gara aktingnya yang kece parah! Fenomenal banget deh!

Cha Soo Hyun (Kim Hye Soo)


Dulunya satu divisi dengan Lee Jae Han. Detektif cewek strong, gesit dan naksir Lee Hae Han, :p. Mencari jasad Lee Jae Han selama 15 tahun. Ketua team kasus dingin.

Kim Hye Soo emang udah veteran jadi aktingnya nggak usah diragukan lagi. Cara dia meranin Cha Soo Hyun itu top banget! Dari Cha Soo Hyun yang awal jadi detektif masih kebawa sifat cewek lemah lembutnya sampai jadi ketua team yang tegas! Pembawaannya nggak lebay. Pas.

STORYLINE & REVIEW


Kisah bermulai dari Park Hae Young yang mendengar namanya dipanggil. Sumber suara itu dari sebuah walkie-talkie usang yang ada di tumpukan sampah. Panggilan dari seorang detektif masa lalu, Lee Jae Han di tahun 2000. Terjadilah sebuah transmisi dari tahun 2000 ke tahun 2015. Kasus pertama dari komunikasi lintas waktu ini adalah kasus anak hilang bernama Yoon Jung yang mana anak itu teman dari Park Hae Young waktu kecil. Yoon Jung ditemukan tewas setelah diculik tapi penculiknya belum juga ditemukan. Orang tua Yoon Jung selalu meminta kejelasan ke polisi tentang kasus anaknya. Park Hae Young yang merupakan saksi hidup dari kasus ini ditambah bantuan dari transmisi Lee Jae Han akhirnya bisa menyelesaikan kasus Yoon Jung. Saat dulu menyelidiki kasus ini di tahun 2000 Det. Lee Jae Han hilang keberadaannya, dianggap telah melalaikan pekerjaan dan dituduh melarikan diri setelah menerima uang suap.

Yang paling bikin deg-degan dari kasus Yoon Jung ini adalah batas waktu penyelidikan kasus yang tinggal 2 hari! Bayangain aja, nyari pelaku penculikan dan pembunuhan 15 tahun lalu cuma 2 hari! Dikejar waktu banget! Episode awal aja udah bikin deg-degan.

Pemerintah akhirnya menghapus UU batas penyelidikan. Kemudian sebuah team khusus kepolisian baru dibentuk. Team ini akan menangani kasus dingin dan di tempatkan di Seoul. Kasus dingin yang dimaksud di sini adalah kasus yang dulunya belum terselesaikan. Di team ini ada Cha Soo Hyun sebagai ketua, Kim Gye Chul (diperankan oleh Kim Won Hae), Jung Hun Gi (diperankan Lee Yoon Joon) dan Park Hae Young bergabung sebagai profiler.


Kasus selanjutnya adalah kasus pembunuhan berantai Gyeonggi Nambu (1989), kasus perampokan (1995), kasus pembunuhan berantai Hongwon-dong (1997) dan kasus pemerkosaan anak SMA di Injoo (1999).

Park Sun Woo imut banget, >_<
Dari satu kasus ke kasus lainnya, Park Hae Young dan Lee Jae Han saling kerja sama untuk menyelesaikan kasus. Mereka berkomunikasi lewat walkie-talkie tiap jam 11 : 23 malam waktu Park Hae Young (baca : waktu sekarang). Kasus paling berat untuk Park Hae Young adalah kasus pemerkosaan anak SMA di Injoo (1999) karena di kasus itu kakak Park Hae Young, Park Sun Woo (diperankan oleh Kang Chan Hee) di jadikan kambing hitam sehingga harus dipenjara selama 6 bulan. Setelah keluar penjara, Park Sun Woo meninggal karena "bunuh diri". Sedangkan untuk Cha Soo Hyun, kasus yang paling berat adalah pembunuhan berantai Hongwon-dong karena kasus ini menyangkut pengalaman Det. Cha yang otomatis dalam penyelidikan Det. Cha juga harus ekstra mengontrol emosi.

Komunikasi lintas waktu ini bisa mengubah masa lalu dan masa depan. Apa yang seharusnya terjadi di masa lalu bisa aja berubah setelah transmisi dan sebagai gantinya masa depan juga akan berubah. Perubahan apa yang akan terjadi setelah transmisi sempat membuat Park Hae Young khawatir dan ingin menyudahi semuanya... #ea

Saat menyelesaikan kasus, team kasus dingin dengan kompak dan pintar mencari bukti. Kecanggihan teknologi juga mempengaruhi terungkapnya kasus. Banyak masalah yang menghadang seperti atasan yang nggak ngasih ijin, harus menghadapi kasus yang berhubungan dengan petinggi pemerintah, dan lain sebagainya. Penyelidikan satu kasus ke kasus lainnya selalu seru! Gue nggak pernah ngerasa bosen pas nonton drama ini. Kita dibikin mikir dan nebak-nebak saat kasus ini berjalan. Apalagi drama ini lintas waktu jadi kadang suka terkecoh juga ini lagi di tahun berapa? hihi. Gue suka ngulang beberapa scene karena ada yang nggak mudeng, wkwk

Di drama ini menampilkan kisah nyata dari pembunuhan berantai Gyeonggi Nambu yang memang terjadi di Korea sana. Menampilkan juga betapa kompleksnya dunia kepolisian. Setiap kasus yang ada saling berhubungan dan selalu bikin deg-degan! Ceritanya rumit tapi selalu bikin penasaran! Salut sama writernim dan produsernim! Kece!

Eh terus gimana nasib Lee Jae Han? Beneran meninggal? Gimana penyelesaian kasusnya? Bisa tau setelah nonton, ya! Rasakan sensasinya! :))

Ending drama Signal bisa dibilang happy open ending. Penulis Kim Eun Hee bilang kalau ada rencana Signal Season 2! Aaakkk.... Gue harus siap-siap nih  mau dibikin deg-degan lagi sama Park Hae Young, :p

CURHATAN


Yang mengganggu dari Lee Je Hoon adalah hidung mancungnya! Duh, tiap di shoot dari samping berasa pengen ngusek-ngusek ke hidungnya! Sirik deh gue! Oh ya, Hae Young kalau lagi mikir suka mainan jari, asli ya itu juga ganggu banget! Asli! bhahaha.. *abaikan*




Di Signal minim banget romance. Gue yang udah kebanyakan nonton drama romance jadi suka mikir yang aneh-aneh, haha. Sudah ada love line, sih, dari Det. Lee & Det. Cha -yang menurut gue sederhana, nggak lebay tapi manis banget- tapi tetep aja gue jempalitan nggak karuan tiap ada scene Det. Cha sama Letnan Park lagi berdua. Gue khawatir aja, Det. Cha khilaf mengkhianati cintanya sama Det. Lee terus naksir Letnan Park! wkwkwk.


Salah satu pembunuh yang nggak pengen gue lupain di drama Signal, Kim Jin Woo (diperankan oleh Lee Sang Yeob). Pembunuh kresek kece! hahaha. Setelah nonton episode pembunuhan dia, gue jadi takut lho pakai headset kalau lagi di jalan karena gue takut ada type pembunuh kayak dia di Indonesia. Serem!
Aktingnya bagus. Pernah liat dia di drama "The Innocent Man", di sana juga manis banget, :D


Scene yang bikin mewek setelah episode 4. Campur aduk banget rasanya. Gue nggak kuat kalau di suruh ngulang, T_T

Overall, drama ini layak tonton banget! Nggak bakal nyesel deh kalau nonton drama ini. Penggarapan drama ini luar biasa! Story line, pengambilan gambar, akting para pemainnya super sekali!



Selamat menonton!



Note : Capture & GIF by me! Special thanks to subber who subbing this awesome drama. You guys are amazing!

59 komentar:

  1. Hoaa, aku belom nonton. Tapi sempet baca - baca sampai ada yang komen sayang sekali drama ini nggak terlalu dilirik, dan liat review kayak gini juga jadi pengen nonton xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. ITU YANG BILANG NGGAK TERLALU DILIRIK SIAPA SIH? DAPET SUMBER DARI MANA COBA? *ikutan Mba Della yang capslock kepencet*
      Drama Signal ini ratingnya tembus 12,8% lho dan jadi drama no 1 di slot Jumat - Sabtu waktu tayang. Buat drama TV kabel macam tvN ini sudah bisa dibilang jempolan.

      Ayo nonton, nanti share ya serunya nonton drama ini. Kita ngalay bareng di twitter! :))

      Hapus
  2. Dan gara-gara akting super kece Cho Jin Woong, gue nggak kena sirepnya Lee Je Hoon. Pas liat trailer film terbarunya, baru gue, "Hah, cakep juga ni orang!" Wkwkwkwkwk..
    Btw Nok, lo yakin itu happy-open-ending? Menurut gue kali ini Det. Cha mati juga, lho. Inget nggak, komunikasi pertama terjadi waktu Park Hae Young ngingetin Lee Jae Han jangan pergi ke Sunil Hospital. Nah, komunikasi ke Det. Cha di tahun 2015 (apa ud tahun 2016 ya itu?) dia jangan pergi ke RS tempat Lee Jae Han sekarang berada.
    Ohohohoho..
    Gue juga ngarep ada season 2 sih, TAPI KITA SEMUA KAN TAU GIMANA PHP-NYA TVN SOAL SEASON-SEASONAN INI! *maaf kepencet capslock*
    Jadi ya udahlah, puasin aja dulu dengan yang sekarang. Mereka semua mati. Tamat ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bilang akting, Cho Jin Woong juara deh! Bisa ikutan nangis pas dia nangis juga, nyesek bangetttttt, T_T tapi tetep ya gue mah kesirepnya sama yang mudaan, wkwk

      Yakin ih! Udah sih, anggap aja emang happy open ending, Mba, kalau emang mau dimatiin ya udah nanti aja matinya di season 2. *menguatkan diri*

      IYA, TVN EMANG SPECIALIS PHP. ITU MANA MISAENG SEASON 2? MANA SURPLUS PRINCESS SEASON 2?? MANA? *maaf capslock kepencet juga*

      Hapus
  3. Kata aku sih blm happy ending yah.. Soalnya Park Hae Young blm ketemuan live sma Lee Jae Han, Cha Soo Hyun jga. Meski masa lalu udh di rubah tp Lee Jae Han kan ttep "menghilang" slm 15 thn, udh gtu tuduhan nya lbh berat krn di anggap udh bunuh Kim Bum Joo.

    Aduh itu gif nya mbak nok, tengkiyu bgt bsa aku save wkwk.

    kasus paporit(?) aku sih kasus Hong Wondong, ofkors.. Gk nyangka Lee Sang Yeob tambah muda dan oke jg jd psikopat lolipop. Ke-3 kali nya nih Sang Yeob bikin aku sempet berpaling dr leadmale drama yg dia mainin. Scene dia bunuh cwe yg dia suka itu jatoh nya romantis bgt, di back hug.. Ya allah.. Aku malah nangis liat nya.

    Eh. Komen gw panjang jg ternyata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi seenggaknya kan masih hidup Lee Jae Hannya!
      Ini GIF bakalan sering dipandengin, wkwk. Iya sama! Pas dia back hug sambil nangis juga jadi ikutan pengen nangis, psikopat tapi bikin terharu, #apeu

      *Postingan nggak ngasih spoiler tapi komentar pada spoiler, haha*

      Hapus
  4. Kok ga ada spoiler endingnya sih? Dududududu...~~ :D

    Btw, ITU PEMBUNUH KRESEK PUNYA GUE OI! GUE YG NEMU DULUAN IIHHHH...!!!
    *ketularan Della, capslock jebol*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena review yang baik tidak mengandung spoiler, wkwk *tapi ada di komentar, :p*

      Hm.. Itu yang di capslock kok nggak kebaca ya? :p

      Hapus
  5. Kak Endang, biasa download K-Drama dimana - yang legal ya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak juga sih, download di tempat download biasa, hehe. Kalau situs kdrama legal bisa ke Viki atau Dramafever.

      Hapus
  6. wah wah wah kayanya recomended banget nih kak buat di tonton udah lama banget aku ga nonton korea lagi soalnya sibuk sama last project campus, mau bnaget nonton ini, ngomongin soal tvn, emang tvn ngeluarin dramanya bagus bagus banget kak, kaya emergency couple sama high school king of savy, dan itu jadi salah satu favorite drama aku kak, bytheway akhirnya aku bisa baca lagi tulisan tulisan kak endang, suka sama postingan kak endang yg ngomongin korea gitu, soalnya aku suka banget banget banget sama korea heheeee,

    keren kak.....

    http://litarachman.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seru banget! Wajib tonton deh, :D
      tvN emang deh jagoan klo bikin drama. Yay! akhirnya bisa mampir ke sini lagi, seneng juga deh!

      Hapus
  7. Ak selalu nunggu drakor selesai dl baru nonton. Soalnya suka ga sabaran plus penasaran kelanjutannya. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu juga sukanya gitu karena nontonnya beli kaset tapi sekarang download jadi lebih sering nonton yang on going. Kalau ada yang nggak sempet nonton pas on going baru deh nonton setelah tamat di Koreanya.

      Hapus
  8. Aiiihhh time travel. Walkie talkie jadi perantara. Mirip kek love letter nya jun ji hyun jaman baheula. Surat nya yg jadi perantara. Sedih gak ending dari tiap kasus? Haha ku kangen love letter jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tema time travel emang selalu seru ya, Mia! Tiap kasus punya ending masing-masing, ada yang sedih ada yang seneng. Kalau kangen ya tonton lagi! :))

      Hapus
  9. Entah kenapa drakor gk memikat hati saya. Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap orang punya selera masing-masing sih jadi ya mau gimana lagi, hehe

      Hapus
  10. asik nih kayaknya tentang detektif2an :D cari aaaah~~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tentang detektif dan kasus pembunuhan. Seru! Yuk nonton! :))

      Hapus
  11. with... film korea. says ngga pernah berhasil menuntaskan episodenya. ntar dicoba lagi ah. mudah2an yg ini bisa kelar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoooo dicoba dulu, semoga bisa kelar! Ini bukan drama romance kok jadi buat cowok ya pas banget!

      Hapus
  12. Terakhir nonton drakor itu kalo gak salah who are you judulnya dan belum nonton lagi.

    Baca ini jadi pengen cari-cari drakor lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh nonton 'Who Are You : School 2015' juga ternyata..
      Asikkk bisa bikin pengen nonton drakor lagi, biar bisa ada temen cerita nih, hehe

      Hapus
  13. Balasan
    1. Semoga setelah baca ini jadi pengen nonton ya, hehe

      Hapus
  14. Bagusss kauanya, Ndanggg

    Nanti download ah heheheh 😂😂

    BalasHapus
  15. Satu satunya drama korea yg saya tonton itu yg F4 itupun karna nemenin istri dan ndak tamat.

    Tapi dr segi cerita, emang kalah kelas yaa serial lokal dibandi g sama korea

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meteor Garden? Itu mah Taiwan tapi yang versi Korea juga ada sih.

      Iya, ide mereka bagus & keren..

      Hapus
  16. Udah lama banget gak nonton drama Korea. Drama Jong Ki terbaru aja aku belum nonton. Berasa gak gaul banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo tonton lagi, Teh. Dramanya Joong Ki bikin meleleh deh! Klepek-klepek tiap nonton tuh drama..

      Hapus
  17. Kelamaan nggak nntn drakorrrr

    buat list deh nanti buat nnton

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget dijadiin list, moga ada waktu buat nonton ya, :))

      Hapus
  18. Aduh... aku kalo nonton drakor pusiiing.... susah banget ngapalin namanya... @_@

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang nggak biasa nonton drakor pasti pusing sih, aku juga kadang nggak cepet apal sama namanya kok, :D

      Hapus
  19. Ini perasaanju aja apa emang nama pemeran dan karakternya sama senua, sih..... *jarang ngikutin drakor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama asli sama nama karakter jelas beda cuma mungkin susah ngucapin dan ngapalin ya, Ka, buat yang nggak biasa nonton drakor mah..

      Hapus
  20. Wah ini biasanya yg bikin sy rebutan TV sama istri sy. :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. TV mana? Ini nggak tayang di Indonesia, hehe. Mungkin maksudnya istrinya Mas suka nonton drakor ya..

      Hapus
  21. Maafkan akuh yang tidak mengerti drama korea kak.... 😢

    BalasHapus
  22. Idem kayak komentarnya Teh Dewi, aku pun sama udah lama banget gak nonton film korea. Antara gak ada waktu, dan tak mengikuti perkembangannya. Condongnya lebih suka ke baca buku dan kalo film lebih condong ke hollywood X)

    hahaha aku kurang paham kalo disuruh menilai acara drama, apalagi acara k-drama haha aku menyimak saja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap orang punya selera sih.. dulu juga sering nonton film hollywood tapi sekarang udah jarang banget..

      Hapus
  23. Genre nya thriller ya sepertinya, k-drama lbh suka yg drama
    *uppsss ketahuan melankolisnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Romance juga nonton sih, ini buat penyeimbang aja nonton yang thriller biar hidupnya nggak terlalu drama, wkwk

      Hapus
  24. Baca dari review kamu, kayaknya seru nih dramanya.
    Action thriller gitu. Thank you reviewnya :)

    BalasHapus
  25. Ga mau baca reviewnya! Ga suka spoiler :(
    Oke deh. Nanti nytreaming sendiri Signalnya :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah sayang banget ya nggak baca reviewnya padahal nggak ada spoiler lho. Oke, selamat nonton..

      Hapus
  26. Ga mau baca reviewnya! Ga suka spoiler :(
    Oke deh. Nanti nytreaming sendiri Signalnya :*

    BalasHapus
  27. Hihi belum saja terpikat sama drakor, padahal sahabat demen banget sampai nggak tidur semalaman :D

    BalasHapus
  28. Hihi belum saja terpikat sama drakor, padahal sahabat demen banget sampai nggak tidur semalaman :D

    BalasHapus
  29. Anjir lah mba , ini drama keren bgt wkwkw . ya aku sebagai pencinta drama dektektif yg udh ngubek ngubek semua drama genre ini di drakor , tapi nonton ini ngingetin aku sama drama lee boo young god gift yg temanya time travel tp beda plot . btw , drama genre ini yg terbaru apa mba ? Kali aja tau wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya keren banget! Mana Park Haeyoungnya cakep parah! #tetep
      Buat genre time travel kayak gini belum ada sih, mba, tapi kalau yang detectif bisa nonton Pid Pieper.

      Hapus
  30. Beribu maaf saya lontarkan ke tim Signal hehehe karena baru sadar ada Fantasy Crime yg tidak sedikitpun membuat saya pusing. Setelah tidak bisa move on dr R88 dan agak sedkit ikut arus alay sedunia yg ngefans sm kapten tentara Yoo Shi Jin (meski saya jg ga detail ntn DOTS bnyk scene yg saya lewatkan utk drama itu). Untuk keseluruhan drama Signal memang bagus dan senang bhwa 2 drama jagoan saya Signal & R88 membawa pulang tropi di ajang BAeksang Award 52th.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk delivery cerita ke penonton Signal emang cakep! Aku sampe sekarang belum nonton 2 episode terakhir DOTS lho, belum ada niat, bhahaha. Iya, Ryu Jun Yeol bawa tropi tapi om Jo Jin Woong nggak bawa tropi, T_T. Meski Signal dan film si om menang sih tapi tetep nyesek, T_T

      Hapus
  31. Hello mbakkk saya sampe skrg blm bisa move on dr signal ini. Bagusss bangettt! Ga banyak basa basi khas koreanya soalnya. Kira2 ada drama lain yg semacem ini ga ya mbak? Yg genrenya sama yg sama2 bagusnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mba! Makasih udah mampir ya.. :). Yang kasus kayak Signal coba nonton Voice. Yang dari tvN belum ada yang kayak Signal lagi, nah bisa dicoba dama2 OCN lain kayak Tunnel, 38 Squad, keren2 deh...

      Hapus