Sabtu, 06 Februari 2016

Tekanan Darah Rendah

Foto di ambil di sini
Gue tuh sering ngerasain pusing kalau siang. Kalau pagi mah ga pusing tapi males berangkat kerja, malem juga ga pusing karena udah waktunya nonton drama Korea, hahaha, *kelakuan*. Kebetulan gue pake kacamata jadi gue ngira kalau minus nambah tapi setelah curhat ke beberapa temen, mereka bilang mungkin aja kurang darah.

Buat mastiin kalau gue kurang darah apa ga, gue coba googling dan ini beberapa tanda kurang darah :
  1. Penderita Pusing, Sakit Kepala
  2. Pucat, Loyo, Tidak Bersemangat
  3. Perut Mual-Mual
  4. Kelopak Mata Pucat
  5. Ujung Jari Pucat
  6. Denyut Jantung Tidak Teratur
  7. Otak Tidak Bekerja Dengan Baik (Mengakibatkan Kurang Konsentrasi)
  8. Menurunnya Kekebalan Tubuh
Gue ngerasain itu tapi bukannya langsung periksa tapi malah menikmati kesakitan itu. Bandel. Gue ga tau deh kenapa bisa bertahan dengan pusing yang hampir tiap hari itu. Mungkin karena gue ini emang cewek strong, hehe

Yang berasa banget selain pusing kepala itu kurang bersemangat dan menurunnya kekebalan tubuh. Gue ini gampang capek jadi males kalau mau ngerjain sesuatu dan kebanyakan leyeh-leyeh, hehe. Gue juga gampang banget pilek kalau ngerasain dingin atau abis kehujanan sedikit. Kadang juga pagi bersin-bersin, tapi siang baik-baik aja.

Akhirnya gue ngalah. Capek ya kalau ngelawan rasa sakit tanpa pertahanan yang kuat. Gue periksa ke klinik deket rumah. Pas mau diperiksa, ditanya-tanya dulu apa yang dirasa dan dokter langsung bilang kalau gue kurang darah pas gue bilang abis kehujanan dan demam. Setelah diperiksa ternyata bener, tekanan darah gue 70/90 mm Hg.

Kayak biasa sebelum dikasih resep, kita ngobrol dulu. Gue coba dong nanya sama ibu dokter yang gue lihat sih masih muda, "Harus makan apa nih, Dok, biar nambah darah?", Menurut gue sih pertanyaan gue wajar-wajar aja, namanya juga sama dokter. Eh ibu dokternya jawab gini, "Makan daging, Mba. Daging sapi itu banyak darahnya. Emang ga pernah makan daging?". Deg! Entah gue yang baperan atau gimana tapi gue ngerasa kalau cara ngomong dan intonasi dokternya itu agak gimana gitu. Aduh iya Ibu, saya ga kuat beli daging soalnya duit makan udah abis buat beli album iKON, hahaha *abaikan*

Mungkin guenya aja sih yang lagi sensitif makanya kayak gitu. Ah sudahlah... Gue pun searching (lagi) makanan apa yang harus dikonsumsi dan hal apa yang harus dilakuin biar bisa nambah darah,
  1. Banyak Minum
  2. Perbaiki Pola Makan
  3. Makan Sayur-Sayuran
    Sayuran yang dianjurkan seperti jenis kacang-kacangan (kacang polong, kacang hijau, kacang panjang, kacang merah, almond), kol, bayam, lobak, sawi, brokoli, dan kentang. Sayur itu sangat bermanfaat untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Bayam kaya akan kalium, Fe dan  rendah sodium, yang dapat menaikkan tekanan darah rendah, serta menjaga agar aliran darah tetap lancar.
  4. Makan Buah-Buahan
    Buah yang dianjurkan sepert
    buah tomat, mangga, jambu biji, apel atau pisang. Buah-buahan lainnya adalah buah naga, kesemek, sukun, kiwi, anggur, alpukat, sirsat, delima, kurma, dan strawberry. Buah naga banyak mengandung Vitamin A, memiliki manfaat untuk menaikkan darah pada penderita tekanan darah rendah. Buah kurma bermanfaat untuk atasi tekanan darah rendah. Buah Strawberry memiliki zat besi, antioksidan, dan vitamin, rendah lemak dan tinggi serat untuk menaikkan tekanan darah.
  5. Makan Daging, Ikan, dan Telur
    Disarankan mengonsumsi daging merah karena kaya akan protein hewani.
  6. Minum Obat Penambah Darah
  7. Olahraga Secara Teratur

Oh, jadi bukan daging aja yang bisa bikin naik darah tapi sayuran dan buah juga. Bahkan olahraga dianjurin banget. *kemudian pengen nyinyirin ibu dokternya, :D*

Setelah obat habis tapi badan masih kurang enak, gue periksa lagi ke klinik yang berbeda. Dokternya laki-laki dan udah berumur. Tekanan darah gue 60/100 mm Hg kali ini. Yang satunya turun, yang satunya lagi naik. Untungnya, pas gue tanya dengan pertanyaan yang sama, Pak Dokter menganjurkan perbanyak makan sayur dan paling penting olahraga. Beliau bilang sehari 10 menit pun cukup. Karena peredaran darah ditubuh akan lebih lancar setelah olahraga. Emang sih, gue jarang banget olahraga, hehe.

Abis itu gue nurutin kata dokter, tiap pagi olahraga 10 menit. Hari pertama, kedua, ketiga, badan pada pegel semua! hahaha. Gue belum bisa olahraga rutin tiap hari nih meski cuma 10 menit. Minggu kedua ini aja jadi berkurang seminggu 3 kali, hahaha. Ga tau nantinya gimana, >.<

Semoga minggu berikutnya tetep bisa olahraga. Jangan males lagi biar sehat! Perlu konsisten kalau mau sehat!



Sumber :
http://www.detiksehat.com/2014/09/penyebab-gejala-dan-obat-alami-mengatasi-kekurangan-darah.html
http://halosehat.com/penyakit/darah-rendah/12-ciri-ciri-darah-rendah-dan-cara-mengatasinya

7 komentar:

  1. oke, dari ciri-ciri diatas.. gue dapat menyimpulkan kalau gue nggak darah rendah. horror juga yak darah rendah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukur deh, Jev, kalau ga mah. Jangan kalau bisa. Iya, paling enak kalau sehat emang, :D

      Hapus
  2. semoga lekas normal ya mak tekanan darahnya
    aku jg belakangan ini sering mengalami tanda2 itu,
    makasih sharenya ya mak, bs daku pratekin nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mba makasih do'anya.. Ini udah sering olahraga dan badan juga makin enak. Kadang masih pusing tapi udah berkurang.

      Hapus
  3. Aku sebelum hamil sering tensi rendah mbak, selalu di bawah 90.
    anehnya sejak hamil tensi normal dong, mungkin karena sering makan daging hehehe..
    jangan capek2 kalo kerja, istirahat dan tidur teratur, jangan begadaaaangg hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begadang jangan begadang kalau tiada artinya... Jadi nyanyi ini mah, haha. Berarti harus hamil dulu nih biar tensi normal? Suami mana suami?! haha. Iya, mba makasih nasihatnya.. :))

      Hapus
  4. Kalo gw aneh mba.. sbnernya ga begitu pusing sih cm gliyer aja wkwk trus jantung berdebar gtu gtau deh kenapa tp ga lama sih abis itu baik" aja

    BalasHapus