Jumat, 23 Oktober 2015

Antara Korea Dan Thailand (Part 1)

Dipostingan sebelumnya, gue bilang lagi demen-demennya sama film Thailand. Jadi jangan heran kalau liat gue nyampah mulu di timeline ya! *Eh, nyampah mah udah tiap hari deng.. Haha*

Tentu aja gue ngerasa asing sama bahasa, logat dan cara mereka ngomong. Secara gue biasa nonton drama dan film yang bahasa Korea, sekarang tambah bahasa Thailand. Lama-lama telinga gue jadi multilingual deh! Wkwkwk *Telinganya doang, ngomongnya mah ga bisa, :p*

Jam terbang gue nonton film Thailand emang belum sejauh nonton Korea, tapi gue mau nyoba nulis perbedaan menarik apa aja seputar Korea dan Thailand.

Itung-itung belajar sedikit kosakata dan budaya di Korea - Thailand lha ya. Siapa tau gitu nanti ada kesempatan buat jalan-jalan kesana (bareng pasangan), XD

Yuk lanjut! 

MENYAPA

Ini menyangkut budaya dari negara itu sendiri. Setiap negara pasti punya cara buat menyapa, kan? Kayak di Indonesia yang biasa salaman, Korea identik dengan membungkukkan badan sambil bilang "Annyeonghaseyo", sedangkan Thailand dengan menyatukan kedua tangan di depan dada (kayak di Bali) sambil bilang "Sawasdee Khrap/Ka". "Khrap" kalau yang nyapa itu cowok, "Ka" kalau yang nyapa itu cewek. 


BERTERIMAKASIH

Di film Korea kita bakal denger orang bilang "Kamsahamnida", sedangkan di Thailand ngucapin "Khop Kun Khrap/Ka"

SAPAAN / PANGGILAN

Fangirl macem gue udah apal banget lha itu yang namanya panggilan Oppa, Hyung, Unnie, Noona, ataupun Dongsaeng! Tapi gimana dengan panggilan di Thailand? Ternyata gini.. 

Panggilan
Pemanggil
Yang dipanggil
Korea
Thailand
Kakak
Cewek
Cewek
Unnie
Phi
Cewek
Cowok
Oppa
Cowok
Cewek
Noona
Cowok
Cowok
Hyung
Adik
Cewek / Cowok
Cowok
Namdongsaeng
Nong
Cewek / Cowok
Cewek
Yeodongsaeng














Dari tabel bisa di tarik kesimpulan ya, kalau panggilan seseorang di Korea itu tergantung dari gender si pemanggil dan yang dipanggil, sedangkan di Thailand semuanya sama aja. Panggilan ini biasa di pakai kalau udah akrab atau buat mengakrabkan diri. Buat SKSD (Sok Kenal Sok Dekat) juga bisa banget! hahaha

MENGUNGKAPKAN KATA LUCU

Ini sering banget diucapin sama fangirl kalau liat tingkah laku atau foto sang idol itu lucu.
Misalnya liat foto kayak gini...
Inget umur, Mas! |cr : https://twitter.com/TheTopCn
Pasti pada bilang "Ah... Kyeopta"
Dan kalau yang ini,
>.< | cr : https://twitter.com/lovethitinet
Pada bilang "Narak Maak" yang artinya lucu banget.

KETAWA

Ini yang sempet bikin gue bingung. Sebenernya sih ini ga gue temuin di subtitle film tapi pas stalking IG artis Thailand. Kalau ketawa di Korea kan biasa dengan kata "kkkkk", lha kalau di Thailand mereka nulis dengan angka 5. Jadi pas komentar ada angka 55555, gue kepo dong jadinya?
Ternyata angka 5 di Thailand itu di baca "Ha", jadi kalau mereka nulis 555 berarti hahaha. Lucu ya? XD

LOVE SIGN

Lah ini penting banget guys! Kita bisa ngungkapin rasa cinta kita ke idol kita tanpa harus teriak-teriak. Kita bisa pakai love sign ala mereka!
Cutie, >.< | cr : https://twitter.com/the_mnde
Love sign dari Korea mirip kayak orang minta duit! Hahaha. Tapi emang mereka itu tukang malakin sih! Hobi banget nguras dompet! Beli album lha, beli merchandise lha, beli DVD tour lha... Pokoknya yang bikin pusing pala barbie deh, :p
cr : https://twitter.com/lovethitinet
Kalau love sign Thailand mirip kayak anak metal di Indonesia, :D


Nah... Baru itu aja yang gue tau. Semoga nanti ada hal-hal baru yang bisa gue temuin selama nonton film Korea dan Thailand yang bisa di share lagi ya!

Salam,
Annyeong,
Sawasdee Ka

17 komentar:

  1. Nong itu kalo di Banten artinya adek perempuan...ada hubungan apa antara Banten dan Thailand? =D

    BalasHapus
  2. hahahaha..aku kirain td mw bahas wisata thailand dan korea, trnyata filmnya :D... ga ngikutin soalnya mba film2 serial itu.. walo katanya bgs2 ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin di part selanjutnya, Mba. Untuk sekarang baru itu aja, masih newbie kalau masalah Thailand, :D

      Hapus
  3. Aku juga suka dua-duanya. Suka nonton drama korea dan film Thailand juga. Tapi untuk film romance, lebih dapet Thailand sedihnya, hehehe. Salam Annyeong, Sawasdee Ka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama2 bagus mereka. Film dan drama Thailand juga lagi nyebar virus ini. Bakalan sebooming drama Korea juga nantinya, :D

      Ah, Kakak kan cowok jadi Sawasdee krap.. :)

      Hapus
  4. wah paling suka tuh kalo udah manggil oppa, pasti oppa nya ganteng dan imut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang malah ngeyel pgn manggil oppa sama yg lebih muda, hahaha

      Hapus
  5. ahahaha, iya. fansite itu juga banyak yang dari thailand kan. kadang ada yang nulis postingan ditambah 555555 . ini apaan pada nulis angka lima panjang bener. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya fansite idol Korea banyak yg dari Thailand juga. Artis Thailandnya sendiri jg pada punya fansite tp menurutku ga banyak.

      Kocak emang, 5555

      Hapus
  6. Perlu nih belajar tentang Thailand, kan tunangan dari Thailand juga.. ehemmm Nichkhun :ngarep: hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 susah, Kak, cara ngomongnya. Cara ngomong orang Thailand agak mendengung gitu, :D

      Hapus
  7. Sebentar lagi elo bakalan kaya Lia tuh... Taiwan, Thailand, Korea...hajarrr bleehhh :)) Gue pernah nnton movienya sih, tapi karena kebiasaan nnton drakor,nnton Thailand itu rada ganggu dikuping yah :D *ga biasa denger bahasanya*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Taiwan mah jamannya aku SD, SMP, hehe. Iya, awalnya aku juga gitu asing banget sama bahasa mereka tapi lama-lama asyik aja kok, :D

      Hapus
    2. Kalo taiwan mah jamannya F4 yaaa hihii

      Hapus
    3. Iya jamannya F4. Anak jaman itu kalau ga tau F4 kurang gaul deh, hehe

      Hapus