Jumat, 30 Mei 2014

Tegal Ngangeni Lan Mbetahi

Aku dilahirkan dan dibesarkan di sebuah desa kecil bernama Pakulaut yang berada di Kabupaten Tegal. Kenapa aku memberi judul postingan ini "Tegal Ngangeni Lan Mbetahi?" itu karena menurut aku, sejauh apapun aku pergi, Tegal selalu memanggilku untuk pulang dengan rasa yang dinamakan rindu.

Ngomong-ngomong, setelah mendengar nama Tegal, apa yang langsung kalian pikirkan? ah.. aku tahu jawabannya. Warteg (Warung Tegal) dan Medok, kan? Bagi kalian para perantau di Jakarta atau kota lain, Warteg adalah tempat yang pas untuk kalian di saat akhir bulan tiba. Kalian bisa makan dengan harga yang cukup murah, masakannya enak dan yang pasti pelayannya ramah. Selanjutnya Medok, ya, kami memang punya ciri khas yang unik. Dialeg kami tiada duanya, kalian pasti tahu akan hal itu.

Tapi simpan dulu Warteg dan Medoknya, ada hal lain yang harus kalian tahu tentang Tegal.

Tempat wisata adalah salah satu daya tarik setiap orang untuk datang ke suatu kota bahkan suatu negara. Tegal pun begitu. Iya, Tegal punya banyak tempat wisata yang harus jadi tempat tujuan wisata kalian. Aku bakal kasih tahu beberapa dari tempat wisata yang ada di Tegal.



1. Guci 

Guci adalah wisata pemandian air panas. Guci berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Terletak di bawah kaki Gunung Slamet bagian utara dengan ketinggian kurang lebih 1.050meter (sumber). Untuk pengendara motor, agar bisa sampai di Guci, kalian akan di tantang kepiawaian kalian dalam berkendara karena arah menuju Guci jalanannya cukup terjal. Cuaca disini dingin, udaranya sejuk dan yang pasti pemandangannya sangat indah. Disini kalian bisa mandi air panas sesuka hati tanpa takut gas abis untuk memanaskan air, hihi. Aku beberapa kali ke Guci dan selalu suka dengan keasriannya.

Pancuran 13. Pemandian air panas

Guci biasanya lebih ramai ketika Lebaran tiba, mereka banyak mengadakan reuni di Guci.
Selain pemandian air panas, ada juga kebun strawbery, kebun wortel, dll dan kalian bisa memetiknya langsung dari pohonnya. Di Guci juga disediakan penginapan bagi yang mau menginap disana. Ada juga pusat oleh-oleh khas Tegal.

2. Wisata Kesehatan Jamu Kalibakung


Sekali kayuh, 2 pulau terlampaui. Peribahasa ini pas banget! Wisata dan dapat ilmu, menarik sekali bukan? Tegal punya Wisata Kesehatan Jamu Kalibakung yang bisa menambah wawasan tentang jenis-jenis tanaman yang bisa dijadikan jamu. Banyak sekali tanaman-tanaman obat disini. Di Wisata Kesehatan Jamu Kalibakung ini juga ada klinik berbagai macam jamu beserta dokter juga apoteker jadi tidak usah khawatir kalau ingin bertanya-tanya dan belajar banyak dari sini.

3. Pantai Alam Indah (PAI) 
Kalian suka pantai? berarti kalian harus ke Pantai Alam Indah (biasa di sebut PAI) karena di PAI kalian bisa lihat pemandangan Pantai yang indah dan kalian juga bisa berenang disana.

 

Atau kalian yang suka bernarsis-narsis ria, pemandangan PAI ini sangat cocok untuk ajang narsis karena hasilnya pasti akan bagus. Aku suka pemandangan di PAI saat sore hari karena sunset di PAI indah sekali.
PAI juga menyediakan Waterboom, perahu untuk mengitari pantai dengan jarak yang udah ditentukan dan di sekitar pantai juga ada para penjual makanan, oleh-oleh khas Tegal.

4. Jembatan Gantung Danawarih
Jembatan Gantung Danawarih bisa di bilang Jembatan Amperanya Tegal. Kalau Jembatan Ampera Palembang menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi sedangkan Jembatan Gantung Danawarih menghubungkan Desa Danawarih dan Sangkanjaya Kecamatan Balapulang. Sebelum sampai jembatan, sekitar 100meter ada makam Ki Gede Sebayu yang merupakan tokoh bersejarah berdirinya Tegal.


Tempat ini cocok sekali untuk kalian yang mencintai wisata alam. Dari jembatan ini kalian bisa melihat pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk. Tempat ini juga cocok untuk foto-foto.

5. Rita Park 
Selamat datang di Rita Park
Kalian tidak suka wisata alam? tenang.. di Tegal ada Wahana Permainan yang keren! Rita Park namanya. Rita Park punya banyak permainan yang bisa kalian nikmati sehingga liburan kalian lebih terasa berkesan. Sekitar 21 macam permainan yang ada, cukupkan untuk membuat anda kelelahan dan puas? 
Kalian bisa mengajak anak, teman, saudara, keluarga atau bahkan pacar untuk bermain disini. Tempatnya sangat mengasyikkan! Berikut beberapa permainan yang ada di Rita Park

Sky Drop

Cinema 3D
Kincir
Bom - Bom  Car 
Itulah beberapa tempat wisata yang ada di Tegal. Jika kalian pecinta wisata alam, kalian bisa ke Guci, PAI, Jembatan Gantung Danawarih. Jika kalian pecinta permainan, kalian bisa ke Rita Park. Atau kalian ingin wisata dan dapat ilmu baru? kalian bisa ke Wisata Kesehatan Jamu Kalibakung. Lengkap, bukan?

Sudah mulai tertarik untuk datang ke Tegal? Sebenarnya masih banyak tempat-tempat wisata yang ada di Tegal. Bukan hanya tempat wisatanya, Tegal mempunyai Kebudayaan, Bahasa, Pengrajin, Kesenian dan Makanan Khas yang sangat menarik. Lain kali akan aku bahas.

Jika kalian ingin mengetahui lebih banyak tentang Tegal, kalian bisa dapatkan informasi lengkap di Info Tegal, foto diatas aku ambil dari website tersebut. Bisa juga di website resmi Kabupaten Tegal di Kabupaten Tegal.


"Kontes Blog #3TahunWB - Warung Blogger Peduli Potensi Daerah"

2 komentar: